Don’t Think Outside Your Box !!

Kita ini terlahir dengan berbagai kompleksitas DNA didalamnya. Dari ayah, dari ibu, dari nenek, dari kakek. Lalu sesudah lahir, dengan membawa DNA alami, kita akan diberondong dengan masukan budaya, norma sosial, pelajaran moral, pelajaran akademis. Seiring waktu beranjak dewasa, kita akan belajar lagi bagaimana bisa survive dengan hidup yang kita pilih. The bottomline, we are who we were born.

Jika analoginya sebuah box, maka dari lahir kita telah berada didalam box kita. Box kita berisi DNA, budaya, karakter kita, kepribadian kita, pengalaman kita, dan sebagainya.

Seiring waktu berjalan, semua dari kita pasti pernah mendengar istilah “Think outside your box.”

Berpikirlah diluar box kita.

Mudah ? TENTU TIDAK. SUKAR SEKALI.

Iyalah, sedari lahir kita sudah berada pada box kita sendiri. Masing-masing orang membawa boxnya sendiri. Masak sih diminta berpikir dan bertindak diluar box ?

Iya, pasti dengan tambahan…keluarlah dari zona nyaman dalam artian cari box yang berbeda. Are you sure ?

Are you sure wanting to leave your box then you want to build your new box ?

Kita berani meninggalkan box kita yang lama lalu mencari box yang baru ? Seberapapun dahsyatnya tawaran yang lain, kita pasti akan membawa box lama kita. Tidak ada seorang pun didunia ini yang pernah dan berani pindah ke box baru. No ONE !

Karena tidak mungkin !! We are the box. Masak mau jadi orang lain ??

Don’t think outside your box ! THINK BIGGER !!

Jika kita melihat orang lain bisa dengan mudah pindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain, that’s not moving to another box ! He is making his box BIGGER !! Sehingga ada kesempatan baru yang dapat ia masukkan ke box dia.

YES !! never think outside your box ! Instead make your BOX BIGGER !!

Masukkan banyak hal baru, alami hal-hal yang biasanya kita malas untuk lakukan.

Membesarkan box sama dengan membesarkan zona kita tetapi tetap menjadi diri kita sendiri dengan personality kita.

 

Jika kita tipe yang memang tidak cocok untuk bekerja di bidang kreatif, lebih nyaman bekerja dibidang pendataan. Don’t push too hard untuk menjadi kreatif seperti orang lain yang memang terlahir kreatif. Tetaplah nyaman menjadi diri kita dan jadilah kreatif sesuai karakter kita !! πŸ™‚ Don’t think outside your box, it’s damn hard !!
Dari area zona nyaman yang cuman kuliah, main, pacaran…terus diperlebar jadi kuliah, main, pacaran, komunitas… Itu saja sudah menakutkan untuk beberapa orang, apalagi pindah box. Iya kan ? So, even it’s scary.. it’s still easier than move to another box.

 

That’s what we are doing ! Every one is doing it, every successful man is doing that.

Mereka tidak pindah ke box baru tetapi mereka meluaskan, memperbesar box mereka sehingga mereka memiliki banyak ketrampilan baru, memahami sesuatu yang baru, memasukkan networking baru.

Ya !! Semakin box kita besar, semakin kita bisa ‘engaged’ dengan berbagai orang, berbagai level, berbagai budaya, dsb.

Yang biasanya baca cosmopolitan, sesekali baca TEMPO.

Yang biasanya nonton drama romantis, sesekali nonton film perjuangan.

Ikutan pelatihan hanya karena ingin saja, bukan butuh. That’s FUN !

Ikut komunitas sesuai hobby, it’s even more FUN !

Berlatih dengan serius, mengolah emosi dengan berlatih kesabaran.

Belajar untuk menurunkan ego dan menaikkan ego sesuai tempatnya.

Gaptek teknologi gak papa, namun sesekali mencoba klik google untuk cari tahu apa sih SOPA.

Apapun !! Tidak harus menambah skill yang terlihat… berlatih emosi, berlatih otak, berlatih fisik, membuka diri dengan orang tua.

So, memperbesar box tidak harus melakukan hal yang extravaganza !! πŸ™‚ Start with decorate our box…

Jika ternyata box kita masih ‘plain’, tidak ada warna-warna apapun… beri corak oranye… beli baju warna oranye dan sepatu hak tinggi, it can be a start.

 

The feeling that we have ability to grow our box is already FUN ! πŸ™‚ Continue with that.

MAKE YOUR BOX BIGGER !! πŸ™‚ Then you can put many opportunities…. friends, networking, hobby, family, everything. πŸ™‚

So, sekarang… mau memperbesar box kita dari bagian mana dulu ya ? πŸ™‚ Your box will be bigger, more beautiful and it’s still you !!

Life is FUN !!

Advertisements

13 thoughts on “Don’t Think Outside Your Box !!

  1. yusrizalihya says:

    artikel ini memberi aku sudut pandang lain dalam melihat “box” dalam hidup.
    Nice article mbak πŸ™‚
    btw, boleh aku copas ga artikel ini utk aku posting di kaskus? di forum motivasi “Young On The Top”. Aku cantumin sumber lengkapnya juga nanti klo dibolehin ama mbaknya πŸ˜€
    klo ga boleh ya gpp.
    aku cuma mau sharing artikel bermanfaat aja πŸ™‚

    Like

  2. yusrizalihya says:

    mbak sekar, ini link posting kaskus yg saya copas dari artikel ini beberapa waktu lalu –> http://livebeta.kaskus.co.id/post/000000000000000700165331#post000000000000000700165331

    disitu ada satu komentar menarik dari seorang pembaca, begini :
    ” Gw sering membaca dan menemukan istilah2 “Think out of the Box” pi kok persepsi yang gw tangkep beda yah sama Agan

    “Thinking “outside the box” refers to one’s ability to see a problem or situation from a different perspective, to come up with a new way of doing something. Seing a new and creative way to address a problem – Wikipedia”

    “Berpikir diluar kotak mengarah kepada kemampuan seseorang untuk melihat sebuah masalah atau situasi dari perspektif yang berbeda, untuk menemukan sebuah jalan baru dalam melakukan sesuatu. Menemukan sebuah cara yang baru dan kreatif dalam mengatasi masalah – Wikipedia”

    Liat yang gw Bold. Ini bukan mengenai identitas atau DNA, budaya, karakter, kepribadian, pengalaman, dan sebagainya. Dan juga bukan untuk menjadi orang lain, this are two different thing…

    Think “out of the box”, kata kuncinya adalah think.. Think bisa berarti sudut pandang, cara berpikir, mindset. Bukan mengubah identitas, tapi bagaimana berpikir lebih kreatif, berpikir dengan cara yang berbeda untuk mendapatkan solusi, berpikir dengan sudut pandang yang lain

    Gw mengutip kata2 Albert Einstein :
    “Hanya orang-orang gila yang mengharapkan hasil berbeda tetapi menggunakan cara-cara yang sama”

    Saat U ada masalah dan udah get stuck, udah bingung mau gimana. Lo harus berpikir di luar kotak “Think out of the box”, krn seperti quote Einstein kita ga mungkin mendapatkan hasil berbeda dengan menggunakan cara yang sama. ”

    Untuk lebih jelasnya bisa dilihat langsung di link artikel yg saya kasih di atas πŸ™‚
    Thank’s for sharing your article sis πŸ™‚

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s