Dunia nyata & dunia maya, (sekarang) sama-sama nyata !

Sejak beberapa bulan lalu, saya mendapat banyak sekali teman baru dari komunitas yang saya temui dari twitter, seperti Nulis Buku Semarang, Akademi Berbagi dan Roti Fresh.

Social media – twitter, tentu saja memungkinkan saya bertemu dengan teman-teman yang memiliki minat yang sama dengan saya. Tetapi saya mendapatkan perasaan lebih besar dari sekedar bertemu. Saya merasa perlu untuk angkat topi kepada siapa saja yang saya temui dikomunitas tersebut.

Bayangkan…. Komunitas yang saya ikuti bukanlah komunitas yang terstruktur, memiliki badan organisasi atau yayasan, tidak ada board of leader.. Komunitas ini terikat pada satu hal : PASSION.

People gather and people build relationship because they believe, they feel that the other person whom they talk to… have THE SAME PASSION LIKE THEY HAVE.

Click ! It’s just as instantly like that. It’s only through TWITTER. How amazing is that ? Buat saya… It’s really amazing.

10 tahun lalu, saya akan merasa sukar untuk bergabung pada komunitas yang saya sukai karena pertama saya harus kenal dengan salah satu anggotanya terlebih dahulu, kedua saya harus aktif menghubungi / mengikuti kegiatan komunitas secara face-to-face jika tidak saya tidak akan bisa mengikuti alur karya komunitas tersebut. Sekarang… saya bisa mengikuti kegiatan via twitter, saya bisa urun rembug lewat twitter, saya bisa menyapa teman saya (yang terbaca oleh teman lain) via twitter… Ya, meski toh tetap saja dunia maya, but it catch your feeling. Meski toh, hanya tulisan yang terbaca.. but you can really communicate with whom you tweet. It’s like you have 2 different worlds where both are active at the same time.

Saya menjadi merasa bahwa saya memiliki dua dunia yang secara bersamaan secara aktif membangun relasi dan memberikan hasil yang sama nyatanya ! Dunia nyata dan dunia maya tetapi sama-sama nyata !

Dulu chatting via YM, via MiRC…hanya sekedar chatting, jika tidak chatting ya tidak akan ada keaktifan pada akun saya. Toh akhirnya kopdar yah itu keinginan masing-masing..tetapi saat berkomunikasi via chatting, serasa benar-benar dunia maya dan identik dengan mencari teman. That’s all… Belum pada ranah ‘sharing knowledge, sharing the same passion’.

Yah, twitter tetaplah dunia maya…hanya saja, kita dapat menghasilkan sesuatu yang nyata – realistis, terbaca, terlihat secara nyata… Komunikasi yang terjalin tidak lagi sekedar “galau”, statement singkat, atau branding.. tetapi dapat memberikan perasaan komunal kepada pembacanya..

Pertama kali saya mengenal akun @nbcSMG (nulis buku Semarang), secara instan saya langsung ingin memberikan dukungan positif dengan mengikuti timeline, memberikan masukan, menyapa admin dan secara nyata saya mengiyakan ajakan untuk kopdar dan berperan dalam kegiatan menulis buku bareng dengan tema pertemuan pertama.

Social media tidak lagi hanya sekedar media untuk bersosialisasi tetapi dapat menjadi media yang mewujudkan sebuah keinginan… Keinginan saya adalah ingin berbagi knowledge & skill sesuai minat / talenta saya dan saya ingin mendapat knowledge & skill juga dari teman-teman saya.

Berkat twitter pula, saya mengenal banyak teman dari komunitas Roti Fresh dan akhirnya saya tahu perbedaan “blog dan portal”, how to write in blog and how to write in portal… 🙂

Selain itu, berkat twitter, saya akan menjadi guru pada sesi Akademi Berbagi – Semarang untuk bulan Februari… topiknya ? Sst.. tentang tipe-tipe manusia dan bagaimana cara pdkt sesuai tipe… 🙂 Teman-teman menyebutnya “manajemen galau”. Come and join us ! It will be so much FUN !

It’s just awesome ! Dunia nyata dan dunia maya tetapi sama-sama nyata ! 🙂 So, what is your twitter account ?

Leave a Reply

