Hidupmu bahagia atau tidak ?

Ini adalah lanjutan dari tulisan saya “You act what you feel..”

Kalimat terakhirnya adalah..

and..heart will give you many options of emotions… it’s up to us.. ingin menampilkan yang mana..yang pasti apa yang kita tampilkan itu berasal dari apa yang kita rasakan..bukan dari yang kita pikirkan. :-)

Hal ini berkaitan dengan persepsi kita mengenai kehidupan kita…

Kita bahagia atau tidak ?

Ok, saya tanya… Kalau salah satu kerabat kita meninggal… Kita boleh bahagia ?

Pasti mayoritas menjawab Tidak !

Saya bilang “Kita boleh bahagia, tetapi kita tidak boleh senang”

Lawan dari Sedih adalah Senang…

Sedih dan senang adalah lonjakan emosi setiap saat..  Kalau kita dapat uang = senang, kalau kita tidak dapat uang = sedih.

Kita bisa senang karena mendapat pekerjaan, namun bisa langsung berubah sedih kalau pacar tidak setuju. Tetapi hidup kita tetap bahagia… :-)

Bahagia adalah state of feeling and mind, konstan… Hidup kita bahagia tetapi ada saat-saat tertentu, kita senang atau sedih; atau; senang dan sedih dalam waktu bersamaan.

Ini adalah gambar lingkaran Bahagia… (menurut pemikiran saya)

Lingkaran tersebut adalah Kehidupan kita….

Segitiga-segitiga didalamnya adalah peristiwa-peristiwa didalam hidup kita yang memberikan kita pilihan…Senang / Sedih. Terlepas dari peristiwa itu sendiri, kita memaknai suatu peristiwa berdasarkan persepsi hati kita.

Meski dapat uang banyak, kalau saya memilih untuk sedih yang sedihlah kita.

Meski hanya dapat uang sedikit, kalau saya memilih untuk memaknainya dengan senang maka ya senanglah hati kita. :-)

Potongan-potongan peristiwa dalam hidup membuat hidup kita utuh…

Kita tetap dapat memilih untuk bahagia meski ada beberapa potongan hidup yang sedih… Tapi kita pasti memiliki banyak peristiwa yang senang. Well, tergantung dari makna pribadi tadi… kalau mau memaknainya sedih ya.. it’s your decision.

:-) makanya pemaknaan suatu peristiwa itu subyektif sekali. Namun kita bisa melihat bagaimana seseorang memaknai hidupnya dengan hasil ia Happy atau tidak dengan hidupnya…

Lawan kata dari Bahagia itu Sengasara… Jika secara nyata dan tidak ada persepsi obyektif, segala peristiwa hidup anda itu sedih, maka anda memang tidak bahagia. Seperti anda mendapat kekerasan fisik, kekerasan keuangan, tidak mendapat makan, dsb. Ya, secara obyektif jika semua potongan hidup adalah sedih maka hidup anda sengasara.

Saya tidak berbicara mengenai kepedihan hidup seseorang, pemahaman saya ini untuk orang-orang seperti saya yang memiliki potongan hidup yang normal, wajar dan seperti kebanyakan orang pada umumnya.

Perhatikan lagi peristiwa-peristiawa didalam hidup kita, jika (secara jujur) lebih banyak senangnya… (secara obyektif dan subyektif) maka hidup anda ini Bahagia. Terima sajalah… kalau anda Happy… :-) Bagi beberapa orang, susah untuk menerima dirinya sendiri bahagia.. karena merasa bahwa bahagia itu adalah bentuk kesombongan (saya akan ulas ditulisan berikutnya).

So, potongan-potongan yang kayak pizza itu tadi, mau dimaknai banyak sedihnya atau banyak senangnya ?? :-)

Seperti tulisan saya sebelumnya…

Act what you feel… kalau anda memilih untuk memaknainya dengan sedih ya.. yang anda tampilkan adalah hidup anda tidak bahagia.

When I think happy.. well, it doesn’t mean I will act happy but…

If I feel HAPPY, I will act happy (naturaly)…. karena saya memilih untuk memaknai potongan hidup dengan senang / emosi positif.

So, hidupmu bahagia atau tidak bahagia ?

Leave a Reply

