Happy Go Lucky !

Ya, Happy Go Lucky !

Saya sudah menggunakan prinsip ini untuk setiap langkah sehari-hari… dan beberapa teman mengamati bahwa saya seringkali mengucapkan dan menuliskan prinsip ini di beberapa media sosial seperti facebook dan twitter.

Beberapa teman bertanya, apa sih artinya Happy Go Lucky ? Bahkan ada beberapa teman yang bertanya apakah saya sebenarnya hanya mengambil judul film Happy Go Lucky untuk saya jadikan tagline. Sebenarnya kalimat Happy Go Lucky sudah ada lama sekali… tapi arti dari kalimat tersebut sepertinya tidak semua orang benar-benar memahami. Saya sendiri masih belajar untuk menerapkannya.

Sebenarnya artinya mudah dicerna tapi susah dijalankan. Kebahagiaan akan menuntun pada jalan keberuntungan. Keberuntungan itu tidaklah harus berupa uang atau proyek, bisa jadi kesempatan bertemu dengan teman baru, teman kita ada yang berbahagia, bertemu dengan pengalaman yang seru, dapat tertawa terbahak-bahak dan sebagainya.

Kebahagiaan ? Kebahagiaan yang seperti apa sih yang bisa membawa keberuntungan ?

Wah, kalau menjawab yang ini sesuai dengan proses hidup saya… prosesnya bertahun-tahun melibatkan meditasi, berlatih untuk bahagia dan menjadi skeptis. Jika memerlukan buku referensi, bacalah “The Power of Now” dari Eackhart Tolle. That’s the best book for your soul !

Happiness…

Ya, saya butuh berlatih bertahun-tahun untuk memaknai dan merasakan sesungguhnya kebahagiaan.

Happiness isn’t about becoming…but it’s about being.

Bahagia bukanlah karena anda berubah dari A ke Z, seperti dari tidak punya uang lalu punya uang, dari belum menggapai mimpi lalu menjadi kenyataan. Jika itu kebahagiaan maka kebahagiaan bersifat temporal, sementara. Jika tidak mencapai yang kuinginkan maka aku tidak bahagia. Nah, jika keinginan kita banyak sekali dan tidak tercapai…duh, kapan bahagianya ?

Bahagia adalah menjadi diri sendiri.

Ya, sebenarnya bahagia itu ya diri kita ini bahagia. Hanya kadang kita terlalu sibuk melihat keluar dan mencari kebahagiaan diluar diri kita…

Kita hidup ini sudah sangat membahagiakan… Apapun diri kita…

Jika kita merasa tidak bahagia, apakah benar karena diri kita ? atau karena ambisi ? mimpi ? harapan yang diluar dari diri kita ? Kesenjangan antara harapan dan kenyataan ?

Ya, itu bisa membuat merasa sedih, kecewa…tapi bukan berarti tidak bahagia dengan diri sendiri.

Sedih dan kecewa adalah salah satu suasana hati yang disebabkan karena kesenjangan antara harapan dan kenyataan. Jika ada kesenjangan pasti ada cara untuk mendekatkan… (jika mau menurunkan ego).

Tetapi kita bahagia dengan diri kita sendiri itu adalah suatu ‘state of heart and mind’…

Ego adalah bagian dari diri manusia yang menempatkan ambisi, pikiran dan logika secara bersama-sama dan mengendalikan pikiran kita mengenai apa yang baik dan apa yang buruk sesuai logika.

Tetapi Hati dan Jiwa kita akan selalu sama… Menginginkan ketenangan.

Jika ego dan hati sudah tidak sejajar…. ya dilihat mana yang lebih tinggi… jika ego ya maka segala hal akan dianalisa melalui ego. Jika hati lebih tinggi maka segala hal akan dianalisa untuk ketenangan jiwa.

Nah, ketenangan jiwa inilah yang akhirnya membawa kita pada “state” menerima diri sendiri… menerima ego dan menjadikannya teman… Jika ego terlalu tinggi, ia akan meraihnya dan memeluknya sambil berkata “jangan tinggi-tinggi…pelan-pelan saja…nanti patah egomu…” dan membiarkan ego beristirahat barang sejenak untuk bercengkaram dengan hatimu.

Itulah esensi dari bahagia…

Menerima bahwa ego dan hatimu sejajar… dan tahu kapan meraih ego dan memeluknya… Happy Go Lucky !

Advertisements

6 thoughts on “Happy Go Lucky !

  1. Rini says:

    saat lagi jatuh2nya dan membaca kalimat ‘Happiness isn’t about becoming…but it’s about being’, pola pikir saya langsung berbubah mba.

    makasih banyak ya^^

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s